Skip to main content

New Zealand

Keadaan Selandia Baru

Iklim Selandia Baru terbagi atas 4 musim: musim panas (Januari dan Februari), musim gugur (Maret-Mei), musim dingin (Juni-Agustus), musim semi (September-November). Iklimnya pada musim dingin relatif sejuk dan basah serta musim panas yang hangat dan kering. Iklimnya bukan termasuk subtropis, kecuali jauh di bagian utara. Cuacanya sangat bervariasi antara daerah geografis yang satu dan yang lain.
Perbedaan Waktu +5 jam dari waktu Indonesia Barat (WIB)

Biaya Hidup sediakan dana kurang lebih US$20,000/tahun (sudah termasuk standar akomodasi, makan, transportasi) Biaya sekolah Perguruan tinggi (Diploma/Sarjana): NZ$15,000-NZ$25,000/tahun, Pasca-Sarjana: NZ$20,000-NZ$25,000/tahun, Sekolah Menengah: NZ$10,000-NZ$18,000/tahun

Akomodasi Sewa apartemen= NZ$1,000-$2,000/bulan, NZ$13,952-NZ$16,052/tahun, Sewa rumah = NZ$ 1,140/minggu (1 kamar), NZ$16,052/tahun*, Homestay = NZ$180-NZ$260/minggu (ditambah biaya administrasi yang dibayar sekali saja sebesar NZ$150), NZ$13,826-NZ$15,464/tahun*


(* sudah termasuk asuransi kesehatan dan perjalanan, buku, dan alat tulis, biaya akomodasi penempatan, dan biaya hidup perminggu.)

Transportasi yaitu Bus, taksi, pesawat domestik, dan pesawat ulang-alik, feri, kereta api. Bagi siswa homestay harga tiket berkisar NZ$19-NZ$30/minggu tergantung jarak dan jangka waktu pemakaian.

Telepon dan Internet dengan Telepon umum rata-rata menggunakan kartu telepon (stored value cards) yang bisa dibeli di toko peralatan kantor dan agen surat kabar, dengan harga minimum NZ$5. Beberapa telepon umum juga menggunakan kartu kredit, tetapi sangat sedikit telepon umum yang menggunakan koin. Lembaga-lembaga pendidikan besar dan kecil umumnya memiliki laboratorium komputer untuk mahasiswa, termasuk jasa e-mail. Anda juga bisa menggunakan warnet cyber cafe dengan membayar biaya sewa beberapa dollar per 15 menit. Email dan internet sering tersedia di perpustakaan umum.

Lingkungan di Selandia Baru
Masyarakat Selandia Baru terkenal santai dan ramah-tamah kepada para pendatang dari luar negeri. Budaya "Kiwi" juga telah menyerap beberapa elemen yang kaya yang merupakan konstribusi bangsa-bangsa dari Kepulauan Pasifik dan Asia yang mendirikn tempat tinggal di sana. Sehingga pasar akhir minggu (weekends markets) dengan menu Asia dan Polynesia merupakan hal yang biasa dijumpai.

Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Inggris dan Maori, tetapi masyarakat New Zealand berasal dari banyak latar belakang etnik, termasuk Eropa dan Afrika. Pengaruh-pengaruh multikulural merupakan bagian dari gaya mode, seni, dan musik negara tersebut.

Meskipun di New Zealand terdiri atas beragam komunitas hidup, Anda dijamin keamanannya. Di sana hidup penuh keharmonisan sosial dengan hak-hak yang sama bagi smeua. Ada undang-undang yang melarang diskriminasi yang didasarkan pada jender, ras, atau cacat. Komisi Hak Azasi Manusia dan Kantor Konsiliator Hubungan antar-Ras meneliti keluhan-keluhan di bawah Undang-Undang Hak Azasi manusia. Jika perilaku atau kata-kata seseorang yang membuat Anda merasa terganggu dan tidak nyaman, segera bicarakan dengan staf lembaga di mana Anda belajar. Mereka memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi Anda serta menangani setiap kesulitan dan persoalan.

Pelecehan Seksual dan diskriminasi jender merupakan bentuk pelanggaran terhadap undang-undang dan tidak bisa diterima di Selandia Baru. Bahkan iklan lowongan kerja harus dirumuskan dengan kata-kata yang netral. Tempat-tempat kerja dan institusi-institusi pendidikan memiliki perdoman yang jelas untuk mencegah dan menangani pelecehan seksual dalam bentuk apapun.

Jaminan Kesehatan

Selandia Baru memiliki sistem kesehatan umum yang bagus. Terdiri atas sebuah kombinasi pemasok negeri dan swasta. Tetapi, jasa kesehatan biasanya tidak gratis bagi siswa internasional. Di kota-kota besar tersedia banyak sekali jenis perawatan kesehatan, termasuk chiropractic, osteopati, akupuntur, naturopati, homeopati, dan obat-obatan China. Jika harus menjalani pembedahan atau perawatan lainnya, kemungkinan besar Anda harus masuk rumah sakit swasta, kecuali jika Anda memiliki hak untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit umum di Selandia Baru.

Makanan dan Belanja
Selandia Baru merupakan negara penghasil daging domba, daging rusa, dan daging sapi serta produsen susu. Buah-buahan dan sayuran sangat berlimpah dengan harga murah. Pasokan air terjamin bagi seluruh penduduk, air ledeng segar dan nyaman untuk diminum. Di sana juga terdapat banyak jenis restoran, tempat belanja internasional dan lokal. Termasuk mode, pakaian, perlengkapan luar ruangan, hasil karya, kedai kopi, kafe, dan restoran cepat saji, sehingga Anda dijamin tidak akan kelaparan.

Hiburan
Hiburan yang dapat dinikmati di negara Selandia Baru adalah kehidupan di dalam dan di luar rumah (indoor/outoor living) yang juga merupakan ciri dari cara hidup di negara ini. Rumah-rumah perorangan biasanya memiliki halaman belakang dan kadang-kadang juga memiliki tempat untuk mengadakan barbecue (acara memanggang daging). Acara luar rumah dengan keluarga tuan rumah Anda di akhir pekan bisa berupa jalan-jalan di hutan (walks in the bush) atau di pantai, memetik buah berry (berry-picking), bersepeda, atau mengunjungi kebun. Anda perlu memakai sepatu dan topi pelindung dari sinar matahari.

Persyaratan Mendapatkan Visa
Anda harus terdaftar dalam suatu program tau kursus yang sudah disetujui yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan yang memiliki akreditasi yang diperlukan
Mengisi formulir permohonan visa untuk belajar di Selandia Baru dari kantor imigrasi.
Menyerahkan bukti dukungan keuangan Anda (sebesar NZ$10,000/tahun) selama tinggal di Selandia Baru.
Menyerahkan pasfoto terbaru ukuran 4x6 cm.
Bukti jaminan penginapan (jaminan tertulis dari lembaga pendidikan atau pelatihan Selandia Baru).
Surat beasiswa/ pertukaran pelajar/ kejuruan dari penyedia program.
Paspor.
Sebuah tiket pulang-pergi ke negara Anda atau bukti akan adanya dana yang cukup untuk membelinya.
Dokumen atau informasi lain yang diminta petugas Visa/imigrasi.
Bukti kelakuan baik dari kepolisian Indonesia.

Bekerja di Selandia Baru
Anda dapat belajar sambil bekerja dengan mengajukan permohonan untuk bekerja sampai dengan 20jam perminggu selama jangka waktu belajar atau selama waktu liburan Natal-Tahun Baru.

Comments

Popular posts from this blog

Negara Oman

Tak ada kesulitan sama sekali mengurus dokumen keimigrasian ke Oman terkesan sangat lancar dan mudah. Pekan terakhir Desember tahun lalu, saya dan delegasi dari Undip yang hendak melakukan negosiasi kerja sama akademik dan join-research dengan Sultan Qaboos University (SQU) di Muscat, Oman cukup berkomunikasi jarak jauh dengan pihak universitas. Hanya saling ber-email semuanya sudah beres. Oman termasuk negeri yang unik karena mempunyai dataran tinggi dan rendah dengan nuansa gurun plus pantai. Itu kombinasi landskap yang cantik. Kita bisa menikmati Taman Riyam di pinggir pantai bersama keluarga atau teman sambil menikmati kebab dan chicken tika, kopi Omani atau Mc Donald maupun Pizza. Ada tempat rekreasi pantai untuk publik di Marina Bandar Rowdha berdekatan dengan Marine Science and Fisheries Centre (Pusat Penelitian Perikanan Oman). Sebagai negeri gurun pasir, Oman dua musim, yaitu dingin dan panas.

Kisah Warga Pedalaman Keturunan Raja Ubiet

"Hanya Bisa Mengaji, Berobatpun dari Tanaman Hutan" Pagi menjelang siang di Pucuk Krueng Hitam atau Gunung Ijo. Kabut masih enggan beranjak, sehingga sinar matahari belum menembus ke permukaan tanah. Namun, geliat masyarakat pedalaman keturunan Raja Ubiet, telah beranjak menuju ladang yang merupakan satu-satunya mata pencaharian masyarakat setempat. Warga pedalaman keturunan Raja Ubiet pun terbiasa menikmati dan memanfaatkan hasil hutan, tetapi tidak merusak hutan, begitu kata mereka.Kesibukan pagi pun di mulai. Pihak laki-laki bekerja ke ladang, sementara sang perempuan disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga, meski sesekali ikut membantu sang suami.

SEJARAH PERNYATAAN PERANG ACEH DENGAN BELANDA

Jika dibuka kembali sejarah perjalanan konflik Aceh, dapat disebut bahwa tanggal 26 Maret 1873 merupakan akar munculnya persoalan Aceh, yang masih terasa imbasnya sampai sekarang. Kerajaan Belanda melalui Nieuwenhuyzen, Komisaris Gubernemen Belanda mengeluarkan maklumat dan pernyataan perang terhadap kerajaan Aceh tepat tanggal 26 Maret 1873 di atas sebuah kapal perang Citadel van Antwerpen bersamaan dengan pendaratan perdana serdadu Belanda di sekitar Ulee Lhe, Banda Aceh. Pernyataan perang ini dikeluarkan karena kerajaan Aceh tidak mau tunduk di bawah dominasi Belanda, tidak mau melepaskan kewenangannya mengontrol selat malaka. Belanda bahkan menuding pejuang Aceh telah melakukan perompakan di selat Malaka tersebut, dan melakukan sabotase atas kapal-kapal dagang Belanda. Tak hanya itu, tindakan kerajaan Aceh membangun hubungan diplomatic dengan Kerajaan Turki serta dengan beberapa Negara lainnya seperti Perancis, Italia dan Amerika membuat kerajaan Belanda sangat marah dan mendorong